SANTRI SALAF MENGUPAS TUNTAS KAJIAN KEISLAMAN Jama’ah Manakib di PP Asma’ Chusna Mulai Aktif | KISS BLOG >

GUDANG MAKALAH

Jama’ah Manakib di PP Asma’ Chusna Mulai Aktif



Pagi ini (Jum’at 29/08/2014) pengajian Jum’at Kliwon di Ponpes Asma’ Chusna Kranji Kedungwuni Pekalongan sudah mulai aktif. Pengajian ini khusus untuk jama’ah ibu-ibu baik dari daerah setempat maupun dari luar kecamatan. Pengajian dimulai ba’da shubuh dengan rangkian ac
ara pembacaan qosidah Asma’ul Chusna sebagai pembukaan. Dilanjutkan dengan pembacaan Yasin Fadilah dan Manaqib Syekh Abdul Qodir Al Jaulani serta dilanjutkan pengajian kitab Sulamuttaufiq dan tanya jawab.
Qosidah Asma’ Chusna merupakan bacaan wajib Pondok Pesantren Asma Chusna dalam setip diadakannya ebuah acara. Qosidah ini merupakan peninggalan KH. M. Sa’ied Bachruddin Khoirol Jaza’ sebagai pendiri Pondok Pesantren Asma’ Chusna yang telah diijazahi oleh KH. Maksum Lasem.
Yasin Fadilah adalah ritual pembacaan yang baru dilaksanakan sekitar dua terakhir ini. Yasin Fadilah ini merupakan ijazah dari KH. Maimun Zubair Sarang yang biasa dibaca oleh para santrinya yakni PP Al Anwar. Adapun KH. Maimun Zubair sendiri  telah mendapat mandat dari Sayyid Muhammad bin Alawi al - Makki al Maliki untuk melanggengkan membaca Yasin Fadilah ini.
Manaqib Syeikh Abdul Qodir al-Jailani merupakan ijazah dari Syeikh Akhmad Jauhari Umar sebagai penyiar amalan manakib Jawahirul Ma’any. KH. Achmad Mukhlish Chasani yang mendapatkan ijazah dari Syiekh Akhmad Jauhari Umar tersebut selalu membacanya dalam setiap minggunya yaitu pada hari ini (Jum’at Kliwon) dan setiap malam Ahad bersama jama’ah putra.
Kitab sulamuttaufiq yang dikaji pada saat ini merupakan kitab yang berisi tentang fiqih. Selain itu karya syeh Al Imam-Annawawi Banten ini juga berisi tentang ilmu tauhid dan keimanan umumnya, dan tasawuf (akhlak)
Acara pengajian Jum’at Kliwon tersebut sudah berjalan puluhan tahun tanpa ada kejenuhan dari jama’ah bahkan jumlah jama’ah pengajian semakin meningkat di tahun-tahun terakhir ini. Para jama’ah antusias dalam menigkuti pengajian ini, terbukti dengan selalu adanya keaktifan dalam bertanya dalam setiap pangajian.
KH. Achmad Mukhlis Chasani sebagai pengasuh Jama’ah tersebut selalu menjawab dengan jawaban yang memuaskan kepada para Jama’ah. Beliau selalu menjelaskan isi kajiannya secara panjang lebar dengan penuh intonasi. Penyampaiannya yang terkadang bersifat humoris membuat jama’ah tidak terlalu tegang dalam mendengarkan petuahnya.
Dalam pengajian ini sekaligus pamitan bagi Abah Kyai Mukhlis yang sebentar lagi akan berangkat haji ke tanah suci. Seperti biasanya KH. Achmad Lutfie Sa’ied menjadi badal (pengganti) Abah Kyai Mukhlis untuk mengisi pengajian Jum’at Kliwon ini.
Lihat Videonya :
Title : Jama’ah Manakib di PP Asma’ Chusna Mulai Aktif
Description : Pagi ini (Jum’at 29/08/2014) pengajian Jum’at Kliwon di Ponpes Asma’ Chusna Kranji Kedungwuni Pekalongan sudah mulai aktif. Pengaji...

0 Response to "Jama’ah Manakib di PP Asma’ Chusna Mulai Aktif"

Contact me

Isi Pesan*

*wajib diisi

Gadget