SANTRI SALAF MENGUPAS TUNTAS KAJIAN KEISLAMAN MANFAAT SHODAQOH | KISS BLOG >

GUDANG MAKALAH

MANFAAT SHODAQOH




Manusia adalah makhluk sosial yakni tidak bisa hidup di dunia tanpa bantuan dari orang lain. Oleh karenanya seorang muslim sangat dianjurkan untuk selalu berbuat baik pada sesama muslim yang lain tidak memusuhinya, menghindar, atau bahkan mencela.
Menolong kepada sesama muslim apalagi teman dekat adalah perbuatan yang sangat mulia. Allah akan selalu ada pada orang yang selalu menolong temannya. Nabi Muhammad SAW bersabda :
من كان في حاجت اخيه كان الله في حاجته والله في عون العبد ما كان العبد في عون أخيه
Barang siapa yang selalu ada dalam hajat temannya, maka Allah selalu ada dalam hajat orang tersebut, Allah berada pada pertolongan seorang hamba selama hamba tersebut berada dalam hajat sudaranya”.
Salah satu bentuk pertolongan yang mulia adalah memberikan uang shodaqoh. Shodaqohlah pada siapa saja, entah itu teman, kerabat, keluarga, atau orang lain, atau bahkan ke tong masjid. Tidak perlu kita besar-besarkan siapa yang menerima shodaqoh, tapi besarkanlah hati kita agar kita bershodaqoh secara ikhlas, tidak karena orang lain. Tidak diumbarkan kepada yang lainnya.
Dalam menjalani hidup kita memerlukan buah dari shodaqoh. Baik didalam kehidupan dunia maupun di akhirat.
Buah dari shodaqoh di dunia adalah bisa menghindarkan kita dari segala bentuk bala’, penyakit, atau musibah. Dan bisa memanjangkan umur. Yakinlah bahwa dengan bershodaqoh kita bisa disembuhkan dari berbagai penyakit, entah itu penyakit hati, strouke, ginjal, dan lainnya. Jangan terlalu beranggapan lebih bahwa yang bisa menyembuhkan penyakit adalah obat. Obat hanyalah perantara saja. Akan tetapi Allah lah yang bisa menyembuhkan dari segala penyakit.
Ketentuan umur memang Allah yang memastikan. Akan tetapi Allahpun juga berkehendak merubah dari ketentuan umur yang sebelumnya sudah ditentukan di zaman azali. Inilah yang disebut sebagai takdir mu’allaaq, taqdir yang masih bisa digantungkan dengan perkara lainnya. Umur seseorang juga bisa digantungkan dengan bentuk amalan shodaqoh, shodaqoh bisa memperpanjang umur. Nabi Muhammad SAW bersabda :
الصدقة ترد البلاء وتزيد العمور
“Shodaqoh itu bisa menolak bala’ dan bisa memanjangkan umur”
داووا مرضاكم بالصدقة
“Obatilah penyakitmu dengan shodaqoh”
Adapun buah shodaqoh ketika kita di akhirat nanti adalah kita bisa mendapatkan payung yang bisa menahan terik sinar matahari yang  jaraknya hanya satu kilan (jengkal) dari atas kepala manusia. Bayangkan jika kita tidak mendapatkan pertolongan berupa payung dari Allah, pasti tubuh kita akan terasa panas dan gosong. Namun dengan bershodaqoh kita bisa mendapatkan kebahagiaan bagaikan mendapatkan air ditengah padang pasir. Shodaqoh yang dimaksud adalah shodaqoh yang tidak ada unsur sombongnya. Tangan kiri tidak melihatnya. Nabi Muhammad SAW bersabda :
وفي الحديث المشهور سبعة يظلهم الله يوم لا ظل إلا ظله أحدهم رجل تصدق بصدقة فلم تعلم شماله بما أعطت يمينه
“Dalam sebuah hadis masyhur diterangkan bahwa ada tujuh golongan yang akan diberi payung (untuk menutupi diri dari terik matahari) oleh Allah pada hari dimana tidak ada payung kecuali payungNya, salah satu dari golongan tersebut adalah seorang yang memberikan shodaqoh dan tangan kirinya tidak tahu terhadap apa yang dilakukan oleh tangan kanan”
Artinya tidak ada yang mengetahui perbuatannya kecuali ia dan Allah SWT. atau juga orang yang diberi shodaqoh namun si pemberi shodaqoh tersebut tidak mengumbar atas kebaikan dirinya pada orang lain.
Ada keterangan dalam kitab ihya’ ulumuddin tentang faidah menyamarkan amal ibadah, yakni selamat dari riya, sum’ah, baca teks arabnya beriktu :
وفائدة الإخفاء الخلاص من آفات الرياء والسمعة فقد قال صلى الله عليه وسلم " لا يقبل الله من مسمع ولا مراء ولا منان والمتحدث بصدقته يطلب السمعة والمعطي في ملأ من الناس يبغي الرياء والإخفاء والسكوت هو المخلص منهؤ(احياء علوم الدين: ج: 1، ص: 224
Title : MANFAAT SHODAQOH
Description : Manusia adalah makhluk sosial yakni tidak bisa hidup di dunia tanpa bantuan dari orang lain. Oleh karenanya seorang muslim sangat di...

0 Response to "MANFAAT SHODAQOH"

Contact me

Isi Pesan*

*wajib diisi

Gadget