SANTRI SALAF MENGUPAS TUNTAS KAJIAN KEISLAMAN KANKER HATI PENYAKIT GANAS DI DUNIA | KISS BLOG >

GUDANG MAKALAH

KANKER HATI PENYAKIT GANAS DI DUNIA




Kanker hati adalah salah satu bentuk penyakit yang sangat mematikan. Kanker ini disebut sebagai pembunuh yang bertindak secara diam-diam. Kanker ini termasuk salah satu kanker paling mematikan menurut data National Cancer Institute AS. Penyakit ini biasanya tidak menunjukkan gejala tertentu, dan kalaupun ada lebih dari 40% pasien tidak mengalami gejala terdiagnosis.

Beberapa gejala kanker hati di antaranya, berkurangnya berat badan, timbulnya rasa sakit di sekitar bahu kanan, nafsu makan terus menurun, sakit kuning, kelelahan yang sangat dan tak terbiasa.

Di negara Afrika dan Asia, gejala penyakit ini paling banyak dipicu oleh infeksi kronis hepatitis B, sedangkan di Eropa dan Jepang oleh hepatitis C. Faktor risiko lainnya adalah obesitas, diabetes, merokok dan konsumsi alkohol.

Penanganan kanker hati sendiri dilakukan berdasarkan jenis dan tahap kanker serta fungsi hati pasien. Beberapa tindakan yang dilakukan seperti operasi pengangkatan tumor, transplantasi hati dan penyayatan hati.

Kebanyakan orang  lebih memilih transplantasi, yaitu pengangkatan seluruh hati dan terpapar kanker kemudian mencangkokkan hati dari pendonor. Bagi penderita kanker hati, operasi penyayatan hati dikhawatirkan hanya akan memunculkan kembali kanker di tempat lain di hati pada beberapa tahun kemudian. Salah satu yang pernah dilakukan dengan cara seperti ini adalah Dahlan Iskan yang pernah menjabat sebagai Menteri BUMN

Berikut ini adalah metode perawatan kanker hati yang bisa dijadikan pilihan oleh penderita :
1)      Kemoterapi Sistematis
Kemoterapi sistematis yang paling umum digunakan adalah doxorubicin (Adriamycin) dan 5-fluorouracil (5FU). Ini adalah obat-obatan yang digunakan secara bersamaan atau kombinasi.

2)      Kemoterapi Infusi Arteri Hepatik
Obat-obatan kemoterapi bisa mengalir ke seluruh tubuh melalui infus.Proton Beam Therapy

3)      Proton Beam Therapy adalah teknik terapi yang mampu menyampaikan dosis-dosis radiasi tinggi pada suatu area local yang ditentukan. Terapi ini juga digunakan dalam perawatan tumor-tumor ganas lainnya.

4)      Tindakan operasi dilakukan pada penderita yang memiliki tumor kurang dari lima cm dan terbatas pada hati.

5)      Penyayatan Hati
Penyayatan hati (liver resection) bertujuan mengangkat semua tumor dan jaringan hati disekelilingnya tanpa meninggalkan segala tumor di belakangnya.

6)      Transplantasi Hati
Pencangkokan hati bisa menjadi salah satu metode perawatan bagi penderita kanker hati stadium akhir dari berbagai tipe, misalnya hepatitis B dan C kronis ataupun sirosis alkoholik

7)      Biopsy Hati atau Penyedotan
Jaringan kanker hati dapat diambil sampelnya dengan menggunakan jarum yang sangat tipis.

Title : KANKER HATI PENYAKIT GANAS DI DUNIA
Description : Kanker hati adalah salah satu bentuk penyakit yang sangat mematikan. Kanker ini disebut sebagai pembunuh yang bertindak secara diam-...

0 Response to "KANKER HATI PENYAKIT GANAS DI DUNIA"

Contact me

Isi Pesan*

*wajib diisi

Gadget