SANTRI SALAF MENGUPAS TUNTAS KAJIAN KEISLAMAN SEMANGAT PEMUDA UNTUK MUSHOLA | KISS BLOG >

GUDANG MAKALAH

SEMANGAT PEMUDA UNTUK MUSHOLA

Assalamu'alaikum, Wr.Wb. 
Alhamdulillah pada malam hari ini kita bisa bertatap muka dalam suasana yang penuh dengan kegembiraan dan kemenangan. Dihari yang fitri ini semoga kita mendapatkan ampunan dari Allah SWT dan amal ibadah kita selama sebulan silam dapat diterima oleh Allah SWT amin.
        Sahabat-sahabatku yang saya hormati dihari yang penuh berkah ini saya teringat sebuah hadis Rasulullah yang menyatakan:
عن أبي هريرة رضي الله عنه عن النبي صلى الله عليه وسلم قال : " سبعة يظلهم الله في ظله يوم لا ظل إلا ظله ،
 إمام عادل وشاب نشأ في عبادة الله ، ورجل قلبه معلق بالمساجد ، ورجلان تحابا في الله اجتمعا عليه وتفرقا عليه ، ورجل دعته امرأة ذات منصب وجمال فقال إني أخاف الله . ورجل تصدق بصدقة فأخفاها حتى لا تعلم شماله ما 
تنفق يمينه ، ورجل ذكر الله خالياً ففاضت عيناه " متفق عليه
 “ Ada tujuh kelompok yang akan mendapat naungan Allah pada hari yang tiada naungan kecuali naungan-Nya yaitu: Pemimpin yang adil, remaja yang senantiasa beribadah kepada Allah ta’alaa, seseorang yang senantiasa hatinya dipertautkan dengan masjid, dua orang yang saling cinta mencintai karena Allah dimana keduanya berkumpul dan berpisah karena-Nya, seorang laki-laki yang ketika dirayu oleh wanita bangsawan lagi rupawan, lalu menjawab: “sesungguhnya saya takut kepada Allah”, seseorang yang mengeluarkan shadakah kemudian ia merahasiakannya sampai-sampai tangan kiri tidak mengetahui apa yang diberikan oleh tangan kanannya, dan seseorang yang berdzikir kepada Allah di tempat yang sunyi kemudian kedua matanya meneteskan air mata”. (HR.Bukhari dan Muslim).
Dari hadis diatas saya ingin menekankan pada dua poin yang sifatnya untuk membangun jiwa pemuda agar tergugah hatinya untuk lebih giat dalam mengamalkan hadis ini, yakni remaja yang senantiasa beribadah kepada Allah ta’alaa, seseorang yang senantiasa hatinya dipertautkan dengan masjid. Keduanya sangat cocok untuk membangun kesemangatan dalam rangka menghidupkan kegiatan-kegiatan di mushola khususnya MUSHOLA BAITUSSALAM Desa Lebaksiu Kidul.
·         Pemuda yang tumbuh dalam ketaatan (ibadah). Masa muda adalah masa di mana syahwat sedang memuncak sehingga tidak jarang banyak pemuda terjerumus dalam kemaksiatan. Pemuda yang mampu mengisi hari-harinya dengan ibadah adalah yang terselamatkan di hari kiamat. Sebagaimana kisah Ashabul Kahfi (Para pemuda Kahfi) yang menghindari kezaliman penguasa untuk menyelamatkan aqidah mereka. Dimasa yangpenuh kegelimangan ini marilah kita buat pondasi yang kuat agarkeimanan kita tidak rapuh. Karena keimanan adalah pangkal dari keberkahan.
·         Seorang yang hatinya terikat dengan masjid. Orang yang tidak akan melewatkan setiap kesempatan untuk memakmurkan masjid dengan ibadah dan amal-amal sholeh, terutama sholat fardhu berjama’ah. Hatinya selalu ‘risau’ bila jauh dari masjid, dan merasa sedih bila tak bisa mendatanginya di waktu-waktu sholat berjama’ah dan ketika majelis dzikir diadakan.
Allah SWT berfirman :
Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa orang yang mau membangun atau meramaikan masjid / mushola hanyalah orang-orang yang beriman, jadi yang tidak mau menghidupkan mushola berarti patut dipertanyakan keimanannya.
Membangun mushola/masjid bermacam-nmacam bentuknya ada yang bersifat materi maupun nonmateri, yang terpenting adalah bernilai ibadah. Dimalam hari ini seperti agenda kita bersama bahwa diadakan penarikan dana untuk mengisi kas mushola kita. Marilah ikhlaskan niat kita untuk beramal shodaqoh demi kepentingan bersama. Dalam pandangan Allah tidak melihat besar kecilnya shodaqoph yang terpenting adalah ikhlas walaupun sekecil sangkar burung, seperti apa yang telah dikatakan oleh Nabi Muhammmad SAW :

من بنى لله مسجدا ولو كمفحص قطاة أو أصغر بنى الله له بيتا في الجنة

"Barang siapa yang membangun masjid karena Allah walaupu seperti sesangkar burung atau lebih kecil maka Allah membangun untuknya istana di surga'

Demikian isi sambutan dari saya yang kami rasa sangat penting untuk kami sampaikan demi kesemangata pemuda dan kepentingan mushola kita bersama. selamat dan semoga berkah untuk pemuda mushola baitussalam.
wassalamu'alaikum, Wr.Wb.





Title : SEMANGAT PEMUDA UNTUK MUSHOLA
Description : Assalamu'alaikum, Wr.Wb.  Alhamdulillah pada malam hari ini kita bisa bertatap muka dalam suasana yang penuh dengan kegembiraan dan ...

0 Response to "SEMANGAT PEMUDA UNTUK MUSHOLA"

Contact me

Isi Pesan*

*wajib diisi

Gadget