SANTRI SALAF MENGUPAS TUNTAS KAJIAN KEISLAMAN JUMLAH RAKA'AT SHOLAT TAHAJJUD | KISS BLOG >

GUDANG MAKALAH

JUMLAH RAKA'AT SHOLAT TAHAJJUD

وأما غير الراتبة فهي الصلوات التي يتطوع الانسان بها في الليل والنهار وأفضلها التهجد لما روى أبو هريرة رضي الله عنه ان النبي صلى الله عليه وسلم قال " افضل الصلاة بعد المفروضة صلاة الليل " وانها تفعل في وقت غفلة الناس وتركهم الطاعات فكانت افضل ولهذا قال النبي صلي الله عليه وسلم " ذاكروا الله في الغافلين كشجرة خضراء بين أشجار يابسة " وآخر الليل أفضل من أوله. فان جزأ الليل ثلاثة أجزاء فالثلث الاوسط أفضل

Sholat yang paling utama setelah solat fardlu adalah solat tahajud. Sebab solat tersebut dilakukan pada saat manusia dalam keadaan tidur terlelap, dan mereka meninggalkan taat pada Allah. Dari sini maka nabi bersabda bahwa orang yang berdzikir kepada Allah pada saat manusia terlelap dalam tidur maka ia seperti pohon yang hijau yang tumbuh diantara pohon-pohon yang kering. Adapun solat malam yang dilakukan di akhir malam itu lebih utama dari pada di awal malam. Namun apabila seseorang tersebut membagi waktunya menjadi tiga malam maka sepertiga malam yang berada di tengah waktu itu lebih utama daripada sepertiga malam yang berada di awal atau di akhir malam.



ويكره أن يقوم الليل كله لما روى عبد الله ابن عمر وأن النبي صلي الله عليه وسلم قال له " اتصوم النهار قلت نعم قال وتقوم الليل فقلت نعم قال لكنى أصوم وافطر واصلي وانام وآتي النساء فمن رغب عن سنتى فليس منى ")

Dengan adanya pembagian waktu tersebut, maka dimakruhkan melakukan ibadah selama semalam suntuk tanpa tidur. Sebab hal ini dipandang tidak mengikuti sunah nabi, barang siapa yang tidak sengan dengan sunnahku (Nabi), maka bukan termasuk golonganku. Sebagaimana hadis diatas, yaitu nabi membagi dalam setiap hari dan malamnya untuk puasa, berbuka, sholat, berkumpul bersama istri.



(والسنة ان يسلم من كل ركعتين لما روى ابن عمر رضي الله عنهما ان النبي صلي الله عليه وسلم قال " صلاة الليل مثني مثنى فأذا رأيت أن الصبح تدركك فاوتر بواحدة " وان جمع ركعات بتسليمة جاز لما روت عائشة رضى الله عنها ان رسول الله صلي الله عليه وسلم " كان يصلى ثلاث عشرة ركعة ويوتر من ذلك بخمس يجلس في الاخرة ويسلم وانه أوتر بسبع وبخمس لا يفصل بينهن بسلام ")

Sholat sunnah berapapun jumlahnya, yang disunnahkan adalah salam dalam setiap dua raka’at. Sebagaimana yang dilakukan nabi ketika melakukan sholat malam, yaitu مثني مثنى (dua – dua). Namun ada juga yang meriwayatkan boleh melakukan 4 raka’at dalam salam / 5 raka’at dalam satu salam / 7 raka’at dalam satu salam.
Ketika hampir menjelang subuh, maka disunnahkan untuk membuat witir (ganjil), baik satu roka’at yang dipisah secara tersendiri maupun digabungkan bersama raka’at yang lain.
Hal ini pernah dilakukan oleh Nabi yaitu nabi melakukan sholat sampai 10 rakaat dan ketika hampir fajar nabi melakukan solat satu rakaat. Dalam riwayat lain dikatakan bahwa nabi Muhammad melakukan solat 11 rakaat, dengan perincian 4 rakaat dalam satu salam (dua kali), kemudian di tambah 3 raka’at dalam satu salam.
Dalam riwayat lain dikatakan bahwa nabi sholatnya 13 rakaat, 4 rakaat dalam satu salam (dua kali), kemudian di tambah 5 raka’at dalam satu salam.
Intinya nabi mengerjakan sholat malam paling banyak adalah 11 raka’at ada yang meriwayatkan 13 raka’at, dan tidak lebih dari itu.



Adapun jika mau melebihi dari jumlah tersebut, atau mau mengurangi dari jumlah tersebut, maka hukumnya boleh-boleh saja, sebab hal ini di dukung oleh sebuah atsar dari sohabat Umar r.a, yaitu :
واما الاثر المذكور عن عمر رضي الله عنه رواه الشافعي ثم البيهقي باسنادين ضعيفين ومعنى كلامه ان التطوع يسن كونه ركعتين ولا يشترط ذلك بل من شاء استوفى المسنون ومن شاء زاد عليه فزاد علي ركعتين بتسليمة
ومن شاء نقص منه فاقتصر علي ركعة.
""وان تطوع بركعة واحدة جاز لما روى ان عمر رضى الله عنه " مر بالمسجد فصلي ركعة فتبعه رجل فقال يا أمير المؤمنين انما صليت ركعة فقال انما هي تطوع فمن شاء زاد ومن شاء نقص""

Dalam atsar tersebut dijelaskan bahwa suatu ketika ada seorang laki-laki yang melihat sohabat Umar melakukan sholat sunnah malam satu kali, kemudian lelaki tersebut  bertanya pada Umar, “Wahai Amirul Mu’minin, ‘Engkau hanya sholat satu raka’at’?, Umar menjawab : “itu hanya sholat sunnah, siapa yang berkehendak, maka menambahkan, dan siapa yang berkehendak, maka mengurangi”.

Kesimpulannya, kebiasaan solat lail yang sering dilakukan oleh Nabi Muhammad berjumlah 11 atau 13 rakaat, kita sebagai umatnya tentunya mengikuti sunnahnya.
selamat menjalankan sunnah tahajjud....... 

 
Referensi :
المجموع شرح المهذب
صحيح مسلم
صحيح البخاري
بلوع المرام
Title : JUMLAH RAKA'AT SHOLAT TAHAJJUD
Description : وأما غير الراتبة فهي الصلوات التي يتطوع الانسان بها في الليل والنهار وأفضلها التهجد لما روى أبو هريرة رضي الله عنه ان النبي صلى الله عليه ...

0 Response to "JUMLAH RAKA'AT SHOLAT TAHAJJUD"

Contact me

Isi Pesan*

*wajib diisi

Gadget